DONOR DARAH RAMADHAN PMI Kota salatiga
Donor On The Bus

By PMI Kota Salatiga 04 Mei 2021, 16:13:53 WIB Donor Darah
DONOR DARAH RAMADHAN PMI Kota salatiga

Gambar : Hartoko, Pendonor Pertama Berdonor mengikuti DDR On The Bus


Sebuah kegiatan Donor Darah dengan cara unik yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga dalam menarik minat masyarakat guna melakukan donor darah. Salah satunya dengan melakukan pengambilan darah pendonor di dalam bus pariwisata. Itu terlihat dalam kegiatan bertajuk Donor Darah Ramadan (DDR) "On The Bus" di markas Kodim 0714/Salatiga, pada Senin (3/5) sore jelang berbuka dan terkumpul sejumlah 69 Kantong selama kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan itu, petugas PMI melakukan pengambilan darah di atas bus berpendingin ruangan (AC) dengan memanfaatkan kursi-kursi yang ada di dalam bus itu. Hartoko, salah satu pendonor yang baru pertama kali ini donor merasakan sensasi yang cukup beda karena ternyata donor darah tidak sakit dan tidak ribet, buktinya donor darah di atas bus pariwisata'pun juga bisa. harapannya ke depan akan terus rutin berdonor dan dia mengajak para generasi muda untuk giat mendonorkan darahnya agar tetap sehat, ungkapnya kepada PMI Kota salatiga.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengatakan, donor darah di atas bus ini merupakan terobosan tersendiri. kali ini PMI mengajak para pelaku pariwisata untuk terlibat dalam donor darah ini. Bus yang digunakan dalam donor darah itu merupakan bus yang biasa digunakan untuk pariwisata yang merupakan pinjaman dari pelaku pariwisata.

“Selain kegiatan donor darah ini, kami mengajak masyarakat, pelan-pelan bisa menggeliatkan lagi pariwisata di masa wabah virus korona ini. Pelaku pariwisata cukup terdampak akibat pandemi Covid-19, dan kami berharap, pelan-pelan mereka bisa bangkit lagi. Tentu harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun,” katanya.

Haris yang juga ketua PMI Salatiga ini terus berupaya agar stok darah di masa Ramadan dan pandemi Covid-19 ini terus tersedia. Sebab kebutuhan masyarakat akan darah biasanya meningkat di saat libur lebaran. Adapun pendonor masih minim karena bulan ramadan.

“Stok darah selam ini cukup meski tipis. Karenanya, dengan Donor Darah Ramadan ini diharapkan bisa menambah stok darah,” katanya.

Banyak pihak yang mendukung kegiatan Donor Darah Ramadhan "On The Bus" ini, salah satunya adalah dari pengusaha jasa pariwisata "Vian Tour" yang ada di Salatiga ini, Aries selaku pemilik menyampaikan bahwa di masa pandemi ini banyak sekali pengusaha pariwisata dan pemilik Bus Pariwisata seperti dirinya ini mengandangkan armada karena sepi order, dengan situasi tersebut maka beliau memutuskan menggunakan armadanya untuk kegiatan sosial mendukung kegiatan DDR On The Bus ini.
Dengan kegiatan ini harapannya selain armada juga tetap berjalan, sekaligus bisa kembali membangkitkan dunia pariwisata di masa New Normal ini. (Trie)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment