Pengurus PMI di Empat Kecamatan di Salatiga Dilantik
PMI Kota Salatiga

By PMI Kota Salatiga 30 Jun 2022, 09:48:04 WIB Pelantikan
Pengurus PMI di Empat  Kecamatan di Salatiga Dilantik

SALATIGA-Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Salatiga Muh Haris, melantik  pengurus PMI di Tingkat Kecamatan yang ada di Salatiga.  Pelantikan dilakukan Markas PMI Salatiga, Rabu (29/6). Pelantikan juga dihadiri segenap pengurus PMI dan Camat yang ada di Salatiga.

Para pengurus kecamatan yang dilantik itu, masing-masing Kecamatan Sidomukti ( Ali Lawardi, Agus Junaidi, Suryana Adi, Afif Amrulah, Eko Purwanto, Pramono, Jamuri),   Argomulyo (Sutrisno, Kasimin, Wido Murwadi, Rohmat Hidayat, Saefudin, Triyono, Edu Suhartono), Tingkir (Ridib, Lestariyanto, Nova Prapti Ningsih, Imam Wijayanto,  Oni Suciati, Suhartoyo, Desi Febriana), Sidorejo (Suharnanie Tarwoco, Yasin, Abdullah, Sutrisno, Aan Trisyadi, Rohmad).


Muh Haris berharap, para pengurus di tingkat kecamatan ini bersinergi dengan para camat di wilayahnya masing-masing untuk menjalankan tugas kebencanaan. masyarakat , menurutnya, menuntut kehadiran PMI tidak pernah memandang suku, agama, dan politik. Karenanya, mantan wakil wali Kota salatiga ini berharap semua bisa menjunjung tinggi tujuh prinsip dasar PMI.


PMI juga sekaligus perhimpunan bantuan sukarela yang membantu pemerintah di bidang kemanusiaan sesuai konvensi jenewa tahun 1949. PMI juga mimiliki badan hukum yang disahkan pada tahun 1963.

"Prinsip yang belakangan ini kita dengar adalah prinsip kolaborasi. Oleh karena itu setelah bapak ibu di lantik pada hari ini, mohon  kami titip PMI di masing-masing kecamatan terus berkolabolarsi dengan napak camat, lurah, sehingga program PMI ini bisa berjalan dengan baik," katanya

 

Hal yang sangat penting, lanjut Muh Haris, adalah ketersediaan darah. Pihaknya mengapresiasi, sekarang ini hampir di setiap kelurahan di Salatiga menyelenggarakan donor darah. Di satu sisi, Mu Haris juga mengajak para pemangku kepentingan dan semua pihak untuk saling mengajak generasi muda atau pemula untuk berdonor darah.

 

"Kami ingin donor darah itu menjadi gaya hidup. Misalnya mengajak para remaja di usia SMA, Mahasiswa , pemuda, dan lainnya untuk berdonor darah. Jujur, kita masih perlu motivasi agar para pemuda ini lebih mengenal donor darah," katanya.

 

Camat Sidomukti Guntur menyatakan siap berkolaborasi dengan PMI. Dalam hal ini, pemerintah kecamatan siap memfasilitasi para pengurus untuk berkantor di kecamatan untuk disediakan ruang dan sarana serta prasarana untuk menunjang kegiatan dan program kerja PMI.

"PMI adalah organisasi sosial yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Dalam tujuh prinsip dasar PMI, salah satunya kemandirian. Kami siap untuk berkolaborasi," katanya


Guntur berharap, pelantikan ini bukan sekedar seremoni, tetapi diwujudkan dengan program kerja yang nyata. Kami dari kecamatan siap membuka diri. Misalnya menyelanggarakan donor darah di tingkat kecamatan. Termasuk momen hari jadi Kota salatiga yang jatuh pada bulan Juli, bisa dimanfaatkan untuk menyelengarakan donor darah.
"Untuk program rutinitas, setiap empat bulan sekali bisa diselenggarakan donor darah di lingkunan ASN. Sebab donor darah juga menyehatkan," tuturnya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment