POLRES SALATIGA GERAK CEPAT DONOR DARAH

By PMI Kota Salatiga 22 Mei 2021, 04:59:34 WIB Donor Darah
POLRES SALATIGA GERAK CEPAT DONOR DARAH

Gambar : AKBP. Rahmad Hidayat, SS, KAPOLRES Salatiga Mendonorkan Darahnya


Stock Darah PMI Menipis.

dr. Prasit Al Hakhim, direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Salatiga menyampaikan bahwa dalam beberapa hari pasca lebaran ini kondisi Stock Darah PMI Kota Salatiga sangat Memprihatinkan dan belum bisa pulih seperti sebelumnya. Sebagai contoh, untuk hari ini JUMAT, Tgl. 21 Mei 2021 stock darah yang ada adalah sebagai berikut:
Gol.A.    3   (Tipis) ; B.    8   (Tipis) ; O.    1   (Tipis) ; A B.   6   (Tipis)    ; Total stok : 18 klv
Stok Trombosit : A: 0 /  B: 0 / O: 0 / AB: 0, sebagai informasi bahwa batasan aman untuk stock darah di UDD PMI Kota Salatiga adalah sebagai berikut :

Gol. A. 50-75 (kebutuhan per hr 10-15 kantong).
Gol. B. 50-75 (kebutuhan per hr 10-15 kantong).
Gol. O.  75-150 (kebutuhan per hr 15-30 kantong).
Gol. AB. 10-25 (kebutuhan per hr 2-5 kantong).
Batasan stok aman ini dihitung untuk 5 hari kedepan karena diharapkan dalam 5 hari kedepan sudah ada penambahan stok dari kegiatan donor darah. Kurang dari batasan tersebut masuk kategori tipis dan bila lebih dari batasan tersebut masuk kategori berlebih, tandasnya.

Melihat situasi yang ada, segala upaya dilakukan oleh PMI Kota Salatiga untuk dapat mencapai dan memenuhi kebutuhan darah di salatiga. Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan menghubungi semua kelompok pendonor darah yang rutin menyelenggarakan donor darah agar mau mempercepat agenda rutin donor darah yang sebagian dilaksanakan 4-6 bulan sekali untuk dapat dipercepat menjadi 2-3 bulan sekali karena sekarang pendonor darah rutin bisa dilaksanakan minimal 2 bulan sekali. Selain itu PMI juga giat mempublikasikan keberadaan stock darah tersebut di berbagai media sosial dari PMI maupun masing-masing personil PMI, hal ini bertujuan untuk mengajak para pendonor darah yang sudah waktunya donor untuk segera berdonor di PMI Kota Salatiga, ungkap Prasit.

Gerak Cepat KAPOLRES Salatiga.

Melihat kondisi stock darah yang memprihatinkan, hal ini menggugah para relawan Donor Darah untuk segera berdonor darah. salah satunya adalah Bp. AKBP. Rahmad Hidayat, SS, KAPOLRES Salatiga yang langsung memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dengan PMI Kota Salatiga agar segera menyelenggarakan Donor Darah di lingkungan POLRES Salatiga.  Selanjutnya oleh Pengurus PMI segera direspon untuk segera melaksanakan kegiatan  donor di POLRES tersebut, meski pada hari yang sama paginya sudah ada donor di PTPN  Getas dan memperoleh 28 Kantong dalam waktu beberapa jam sebelumnya. Dalam waktu waktu singkat, petugas PMI dibantu pihak POLRES menyelenggarakan Donor Darah lagi, ternyata dengan sigap semuanya sudah dipersiapkan oleh pihak POLRES dan sesuai Protokol Kesehatan. Petugas PMI hanya menyiapkan kebutuhan peralatan khusus untuk donor darah, hanya dalam waktu kurang dari 1 jam diawali oleh Bapak KAPOLRES sendiri, akhirnya terkumpul 18 Kantong darah. Hal ini merupakan kegiatan donor darah yang sangat cepat prosesnya dari persiapan sampai pelaksanaannya yang berjalan lancar tanpa kurang suatu apapun, ungkap aryuni salah satu petugas PMI yang ikut bertugas dalam kegiatan donor darah hari ini.

Dengan kegiatan donor yang sudah dilaksanakan pada hari ini, DR. Muh. Haris, SS, M.Si selaku Ketua PMI Kota salatiga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan PTPN Getas dan KAPOLRES Salatiga beserta jajarannya, karena perolehan darah hari ini cukup menambah stock darah di UDD PMI Kota Salatiga, Kami juga berharap agar pihak lain juga dapat semakin sering mengadakan donor darah rutin di wilayah kerja masing-masing dan kami dari PMI Kota Salatiga siap hadir menjemput bola agar stock darah di Salatiga tetap aman. (Trie)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment