STOCK DARAH DI PMI KOTA SALATIGA MENIPIS
\\\"UDD PMI Jemput Bola\\\"

By PMI Kota Salatiga 16 Mei 2021, 16:51:26 WIB Donor Darah
STOCK DARAH DI PMI KOTA SALATIGA MENIPIS

Gambar : Donor Darah "Jemput Bola" Di Wihara Widyaloka


Stock Darah PMI Kota Salatiga Menipis

Pasca lebaran merupakan situasi yang sangat sulit untuk pemenuhan kebutuhan darah, di tambah pada masa pandemi ini merupakan tantangan yang cukup berat bagi Unit Donor Darah PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di wilayah masing-masing. Tidak jauh berbeda dengan wilayah lain, di Kota Salatiga UDD PMI juga mengalami hal yang sama, yaitu kebutuhan cukup meningkat namun pemenuhan stock darah sangat menipis. untuk hari ini, Minggu (16/5/2021) stock darah di PMI Kota salatiga  A : 1, B : 25, O : 5, AB : 5. Hal ini sangat menghawatirkan karena untuk amannya dalam sehari kebutuhan darah rata-rata A: 10-15 Kantong ; B ; 10-15 kantong ; O : 15-30 Kantong & AB : 2-5 kantong, dari data tersebut maka stock darah yang ada saat ini sangatlah kurang.

Dengan situasi tersebut, maka banyak sekali upaya yang dilakukan oleh UDD PMI Kota salatiga dalam memenuhi kebutuhan darah bagi warga kota salatiga dan sekitarnya yang membutuhkan. secara geografis wilayah salatiga berada di tengah-tengah Kabupaten Semarang dengan ada beberapa Rumah sakit besar juga, sehingga secara otomatis PMI Kota salatiga juga harus melayani kebutuhan tersebut, ungkap dr. Prasit Al hakim selaku direktur UDD PMI Kota Salatiga.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh direktur UDD PMI Kota Salatiga, segenap jajaran di PMI Kota salatiga meski dalam suasana liburan Idul Fitri H+2 tetap melaksanakan upaya pemenuhan kebutuhan darah dengan melaksanakan berbagai program layanan Mobile Unit secara jemput bola sampai ke daerah-daerah yang cukup jauh. dalam dua hari ini UDD PMI Kota Salatiga telah melaksanakan program tersebut di 2 wilayah, yaitu kemarin di Wihara Widyaloka, Desa Ngroto, Kec. Getasan, Kab. semarang dan hari ini di GBI Siloam, Meski lebih dari 50 Kantong terkumpul dalam dua hari ini, namun untuk mencukupi kebutuhan darah harian masih sangat kurang.

Dalam situasi seperti ini memang program jemput bola dari UDD PMI Kota salatiga sangatlah efektif, untuk itu kami mengajak segenap warga dan kelompok Masyarakat yang sudah biasa melaksanakan program donor darah di wilayahnya untuk dapat bersama kami melaksanakan kegiatan Donor darah sukarela ini, Kami siap untuk dapat bekerjasama guna memenuhi kebutuhan stock darah di salatiga. Untuk informasi terkait kegiatan donor darah dan kerjasama pelaksanaan program donor darah jemput bola kami, bapak dan Ibu sekalian dapat menghubungi UDD PMI Kota salatiga melalui Ibu Malikah selaku Petugas Pencari Dan Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S). Harapan kami, warga Kota salatiga dan sekitarnya yang sudah waktunya donor darah juga dapat mendonorkan darahnya dengan datang langsung ke UDD PMI Kota Salatiga di JL. Osamaliki No 20 (Depan UGD RSUD Kota Salatiga), karena "Dengan Donor Darah Anda Sehat dan Mereka Yang membutuhkan Akan Selamat" (Trie)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment